Selasa, 29 Januari 2019

Apa yang Dimaksud dengan Anyang-Anyangan dan Cara Mengatasinya

Berbagai macam kondisi bisa menyebabkan terganggunya proses keluarnya urin dari dalam kandung kemih. Salah satu yang sering terjadi adalah anyang-anyangan. Meskipun bukan termasuk penyakit berat, namun penderita tetap saja penyakit yang satu ini menyebabkan ketidaknyamanan pada penderitanya. Lalu apa sebenarnya anyang-anyangan itu?

Pengertian Anyang-Anyangan
Anyang-anyangan merupakan suatu kondisi dimana penderitanya merasa tidak nyaman saat buang air kecil, mereka akan mengalami frekuensi buang air kecil yang lebih sering daripada sebelumnya. Kondisi ini dalam dunia medias sering disebut dengan disuria. Bahkan penderita bisa buang air kecil hingga 2x dalam kurun waktu 2 jam saja.

Gangguan medis ini bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Namun begitu, menurut salah satu situs kesehatan Emedicine Health, kasus anyang-anyangan lebih sering terjadi pada wanita daripada kaum pria. Hal ini disebabkan karena wanita memiliki uretra atau saluran tempat keluarnya air kencing yang lebih pendek dibanding pria.

Ciri-Ciri
Terdapat beberapa hal yang bisa Anda jadikan patokan sebagai gejala awal terjadinya anyang-anyangan. Frekuensi keinginan buang air kecil yang meningkat, perasaan tidak nyaman saat buang air kecil, hingga kesulitan untuk mengontrol kandung kemih merupakan suatu pertanda bahwa Anda mengalami anyang-anyangan.

Lebih jauh lagi, bila terdapat infeksi yang menyerang organ vital Anda sehingga menyebabkan rasa sakit dan  nyeri saat buang air kecil, bisa menjadi sebab Anda terkena penyakit infeksi saluran kemih. Salah satu tandanya adalah keluarnya urin yang disertai dengan darah dan dalam beberapa kasus diiringi pula oleh demam.

Penyebab
Kurang memperhatikan kebersihan organ intim merupakan satu dari sekian banyak penyebab yang bisa menyebabkan gangguan ini. Kuman dan bakteri jahat yang bersarang pada organ intim yang tidak dijaga kebersihannya lama kelamaan berkembang biak dan menyebabkan anyang-anyangan.

Kasus anyang anyangan setelah berhubungan juga sering kali terjadi, terutama pada wanita yang tidak membersihkan organ intim setelah aktivitas sex. Bibit penyakit yang muncul pada lubang rahim bisa berkembang biak dan menjadi penyebab anyang-anyangan.

Penyebab lain dari gangguan ini adalah terjangkitnya penyakit diabetes. Penyakit ini menjadi penyebab munculnya gangguan lain pada tubuh. Di samping itu, kurangnya asupan air putih dalam tubuh juga bisa menjadi penyebab anyang-anyangan.

Cara Mengatasi
Jika Anda sudah terlanjur mengalami gejala anyang-anyangan, terdapat beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meredakan rasa nyeri tersebut. Minum jus timun, the jahe atau yogurt bisa mengurangi rasa nyeri tersebut. Selain itu Anda juga bisa berendam dengan air hangat dan ostirahat yang cukup. Segera kosongkan kandung kemih jika rasa ingin buang air kecil muncul.

Bila Anda mengalami gejala anyang-anyangan yang mempengaruhi kegiatan Anda sehari-hari, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Terlebih lagi apabila gejala tersebut sudah mengarah pada infeksi saluran kandung kemih. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar kesehatan, silahkan kunjungi orami.co.id.