Jumat, 14 Desember 2018

Tips Mencari Kontrakan Jogja Dekat Kampus untuk Mahasiswa

Harga sewa kontrakan Jogja dekat kampus itu bervariasi. Ada yang mahal dan ada juga yang disewakan dengan nilai sebesar 12,5 juta rupiah per tahun. Dimana untuk luas tanah beserta bangunannya adalah sebesar 75 m2. Sedangkan, untuk kapasitas listriknya sebesar 900 W. Untuk kamar mandi dan kamar tidurnya masing-masing 2 buah. Harga sewa kontrakan ini adalah harga pasaran di area Gondomanan, Yogyakarta.

Dimana kontrakan tersebut umumnya dekat dengan lokasi dimana saja. karena letaknya di pusat kota. Itu adalah salah satu contoh terbaik ketika mahasiswa baru ingin mencari rumah kontrakan untuk disewa. Karena, pada dasarnya mencari rumah kontrakan itu tidak boleh hanya asal dilakukan begitu saja. Karena hal ini bisa mempengaruhi kenyamanan dan keamanan diri Anda saat sudah tinggal di rumah kontrakan tersebut. Maka dari itulah, menyewa itu tidak boleh sembarangan.

Seperti yang telah diketahui, menyewa rumah kontrakan itu berarti bahwa Anda harus siap untuk tinggal dalam waktu yang cukup lama. Apalagi Anda seorang mahasiswa. Tentu saja dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyewa rumah sampai pada akhirnya Anda berhasil lulus.  Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketikan ingin mencari rumah kontrakan terbaik untuk mahasiswa. Sehingga, Anda tidak harus bolak-balik pergi mencari kontrakan baru.

Pertama, perlu diingat bahwa bila Anda memilih untuk mengontrak rumah saat sedang kuliah, maka Anda harus siap untuk membayar biaya sewa. Padahal, rumah merupakan tempat tinggal yang harus dikelola dengan baik. Bila yang tinggal di rumah kontrakan tersebut adalah mahasiswa semua, bagaimana dengan kebersihannya? Tentu saja hal ini akan membuat rumah menjadi tidak terurus dengan baik, karena mahasiswa sering sibuk dan tidak ada waktu untuk membersihkan rumah.

Maka dari itulah, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mencari seseorang yang dapat membantu Anda untuk membersihkan rumah. Misalnya saja, membantu untuk menyapu rumah dan juga membantu untuk mengepel rumah, dan juga membantu untuk mencuci piring kotor. Akan lebih baik juga bila ditambahkan pula dengan seseorang yang bisa membantu Anda untuk mencuci pakaian Anda dan teman-teman. Sehingga, urusan rumah bisa lebih cepat teratasi.

Kedua, hal selanjutnya yang harus dilakukan agar bisa menemukan rumah kontrakan yang tepat untuk mahasiswa adalah carilah rumah kontrakan yang dekat dengan kampus. Tidak harus selalu memilih rumah yang bisa membuat Anda bisa berjalan kaki saat pergi ke kampus. Setidaknya, pilih rumah kontrakan yang memiliki akses transportasi yang lengkap dan bisa dijangkau oleh angkutan umum. Sehingga, Anda bisa pulang pergi naik angkutan umum bila tidak memiliki kendaraan pribadi.

Ketiga, sebaiknya pilih rumah kontrakan yang memiliki instalasi listrik yang bagus. Selain itu, airnya juga harus lancar mengalir deras. Anda harus bisa beradaptasi terhadap jadwal air mati, ketika bak harus diisi dulu. Dengan begitu, ketika Anda menyewa rumah tersebut, maka Anda tidak akan mengalami masalah ketika sudah tinggal disana. Karena beberapa mahasiswa terkadang bingung untuk beradaptasi karena mereka telah salah memilih rumah kontrakan untuk disewa.

Selebihnya, bila Anda sudah menemukan rumah kontrakan pilihan Anda dengan mahasiswa yang lainnya, maka itu artinya Anda harus pintar untuk mengelola rumah secara bersama-sama dengan penghuni rumah yang lainnya. Maka dari itulah, agar rumah kontrakan tetap terjaga dan selalu terawat meskipun kesibukan sangat tidak memungkinkan untuk merawat rumah, maka Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini:

Pertama, cobalah tunjuk salah satu penghuni secara periodik tentang siapakah yang akan menjadi bendahara nya. Setidaknya, salah satu dari mereka harus menjadi bendahara selama 6 bulan. Tugas seorang bendahara nanti adalah membuat para anggota kontrakan membayar masing-masing tagihan nya di setiap bulan untuk memenuhi kebutuhan di rumah. Misalnya saja, untuk membeli minyak goreng, beras, dan sejenisnya.

Kedua, akan lebih baik bila ada salah satu anggota yang ditunjuk juga menjadi seorang kepala keluarga. Untuk kepala keluarga disini sebaiknya digilir setiap 6 bulan sekali juga. Sehingga, hal ini akan melatih Anda dan teman-teman Anda untuk menjadi pemimpin. Karena memang pada dasarnya sangat penting sekali ada perwakilan pada setiap rumah. Terlebih bila ada kaitannya dengan administrasi dengan RW dan RT setempat di lingkungan rumah kontrakan Anda.

Ketiga, sebaiknya jalin komunikasi yang baik dengan setiap anggota yang tinggal di rumah. Jangan sampai yang mengemban tugas membayar tagihan Cuma untuk 1 orang saja. karena bisa saja yang bertugas untuk membayar tagihan bulanan tersebut tidak dapat pergi membayar karena ada kepentingan mendadak. Yang pasti, tugas utama dari sang penanggung jawab adalah harus bisa memastikan untuk memberi dana tagihan di setiap bulan. Sehingga, pembayaran tidak telat.